Skip to main content

Profil Moh. Urip Hidayat

 PROFIL PENULIS

Moh. Urip Hidayat, S.Pd. adalah anak ke-5 (bungsu) dari pasangan alm. Pak Mastur dan almh. Bu Dedeh Sulastri. Penulis adalah asli dari Betawi lahir dan besar di Jakarta. Lahir di Jakarta 18 Maret 1979. Mulai masuk sekolah di jenjang sekolah dasar di SDN Jatinegara Kaum 13 Pagi kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN 158 dan setelah lulus melanjutkan jenjang pendidikan ke SMAN 59 di Kampung Bulak, Klender, Jakarta Timur. Mendapatkan gelar S.Pd pada jurusan pendidikan bahasa Inggris di STKIP Kusuma Negara lulus tahun 2011.

Penulis pertama kali mengajar muatan lokal bahasa Inggris pada tahun 2001 di SDN Karawaci 20. Bermodalkan kemampuan berbahasa Inggris yang didapat selama kursus bahasa Inggris selama 3 tahun di IEC Jatinegara dan kecintaan terhadap anak-anak, penulis memulai debutnya sebagai guru Bahasa Inggris di Karawaci Tangerang, Provinsi Banten. Setelah kurang lebih lima tahun mengajar Bahasa Inggris di SDN Karawaci 20 penulis berpindah tempat mengajar dari satu sekolah ke sekolah lain, dari satu tempat kursus ke tempat kursus yang lainnya.

Beberapa nama sekolah dan tempat kursus serta akademi yang pernah disinggahi oleh penulis sebagai guru, tenaga pengajar atau tutor adalah : SDN Cipinang Besar 5, Beltris English Institution (BEI), SDIT Al Huda Kelapa Gading, National English Center (NEC) as an English trainer at Gatot Soebroto Mid-wifery and Nurse Academy, Syafana Islamic School (International Curriculum Based School), and SDIT Darul Ma’arif Pondok Kelapa.

Penulis juga aktif berorganisasi di komunitas atau kelompok kerja guru di ruang lingkup pendidikan di wilayah Jakarta dan mendirikan Lembaga Bimbingan Belajar Hi-5 yang memberikan jasa kursus percakapan Bahasa Inggris untuk jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Beberapa organisasi yang diikuti diantaranya adalah : KKG Bahasa Inggris SD DKI Jakarta, KKG Bahasa Inggris JT1, KKG SD JT1, Komunitas Guru Bergerak Cinta Literasi, Komunitas Belajar Menulis PGRI, Komunitas E-Chit Chat dan Persatuan Guru Bahasa Inggris SD Indonesia atau disingkat PGBISD Indonesia dan TOT Jawa Barat. Selain aktif berorganisasi penulis juga aktif dalam bermedsos dengan menjadi admin beberapa akun youtube, Instagram, dan menulis di blog, diantaranya adalah :

1. Channel youtube KKG Bahasa Inggris SD DKI Jakarta.

https://youtube.com/channel/UCJod228N_X8gNc2uFTCeBPA

2. Channel youtube Dolanan Hi-5.

https://www.youtube.com/channel/UCoMW_th_jSG7bpKVC61xi3w/featured

3. Instagram KKG Bahasa Inggris SD DKI Jakarta. 

https://www.instagram.com/kkgeiska?r=nametag

4. Instagram Dolanan Hi-5.

 dolanan Hi-5 (@dolananhi5) • Instagram photos and videos

5. Podcast Dolanan Hi-5

https://anchor.fm/hi-5-tlc

6. Kompasiana

https://www.kompasiana.com/uriphidayat7081

7. Retizen

https://retizen.republika.co.id/user/posts

8. Blog pribadi

https://ryuyunomi.blogspot.com/

Buku antologi :

1. Lika Liku Maya (Judul naskah : Merdeka Corona)

2. Bangga Jadi Orang Indonesia  (Judul naskah : Petualangan Nusan dan Tara di Negeri Jambrud Khatulistiwa)

3. Gairah Literasi Negeri Ku (Judul naskah : Hikmah di Balik Pertemuan)

4. Hikmah di Balik Pandemi (Judul naskah : Catatan Si Coronawati Selama Pandemi Covid-19)

5. Love Stories 2 (Judul naskah : Berkah Cinta Guru Honorer)

6. Inspirasi Menulis dan Menerbitkan Buku (Judul naskah : Teaching English in A Fun Way through Songs)

7. Puisi akrostik (CINTA, BUCIN, ASMARA, RINDU, MINGGU, MOH URIP HIDAYAT, SABTU, SELASA)

8. PUBLIC SPEAKING (Judul naskah : Menaklukkan Glossaphobia)

Penulis suka berselancar di dunia maya membaca artikel-artikel yang menarik dan edukatif di sela-sela waktu luangnya untuk dijadikan bahan tulisan di blog dan buku yang akan dibuat. Selain berselancar di dunia maya atau browsing hobi penulis adalah mencoba hal-hal baru untuk meningkatkan potensi diri sehingga bisa menambah wawasan keilmuwan dan kompetensi diri sebagai bekal menghadapi persaingan bebas dengan negara-negara luar.

Penulis dapat dihubungi melalui WA 085770821095, email di urip.hidayat1803@gmail.com dan dapat dilihat artikel-artikel yang menarik seputar dunia Pendidikan di blog pribadi dengan nama blog Cipta Rasa Karsa Aksara di url : https://ryuyunomi.blogspot.com/. Penulis senang menjalin persahabatan dengan orang banyak bertukar pikiran dan sharing ilmu dengan para sahabat dan teman-teman baik yang dekat atau pun yang jauh.





Comments

Popular posts from this blog

Six Ideas to Help Beginners Learn English Faster

 Six Ideas to Help Beginners Learn English Faster Six ideas to help beginners learn English faster: 1. Listen to English every day Listen to English radio Watch English TV Go to English movies 2. Make an English/ESL friend Makeup conversations Practice dialogues Use beginner textbooks 3. Read English stories Start with children’s books Try ESL readers Read advertisements, signs, and labels 4. Write down new words Start a notebook for new words Write words in alphabetical order (A, B, C) Make example sentences 5. Keep an English diary Start with one sentence. How do you feel? How is the weather? What did you do today? Write another sentence tomorrow. 6. Visit an English-speaking country Learn English more quickly Stay with an English family Hear native speakers talk

Menyikapi Hasil Pengumuman P3K

Menyikapi Hasil Pengumuman P3K Ahad, 10 Oktober 2021 07:24 Moh. Urip Hidayat Peserta P3K yang Smg Lulus di tahap selanjutnya Jum'at 9 Oktober 2021 kemarin adalah hari yang ditunggu" oleh para peserta ASN P3K seluruh Indonesia karena pada hari itu Kemendikbudristek mengumumkan hasil seleksinya. Saya sendiri kemarin sudah mengetahui hasil dari pengumumannya walaupun hasilnya masih belum sesuai ekspektasi. Ya rapopo karena masih ada tahap 2 nanti. Kemarin saya bayangkan banyak wajah yang berseri-seri bahkan mungkin ada yang sampai menangis terharu karena lulus P3K yang merupakan impian dari kebanyakan guru honorer dan KKI. Di tempat saya mengajar SDN Cipinang 05 ada 2 orang guru KKI yang lulus menjadi ASN P3K. Mereka menangis terharu dan kemudian sujud syukur sebagai ungkapan rasa bahagianya mendpatkan kabar gembira ini. Saya dan teman-teman guru yang lain ikut merasakan kebahagiaan yang mereka rasakan dengan memberikan ucapan selamat kepada keduanya. Namun di sisi lain saya liha...