Skip to main content

Profil Moh. Urip Hidayat

 PROFIL PENULIS

Moh. Urip Hidayat, S.Pd. adalah anak ke-5 (bungsu) dari pasangan alm. Pak Mastur dan almh. Bu Dedeh Sulastri. Penulis adalah asli dari Betawi lahir dan besar di Jakarta. Lahir di Jakarta 18 Maret 1979. Mulai masuk sekolah di jenjang sekolah dasar di SDN Jatinegara Kaum 13 Pagi kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN 158 dan setelah lulus melanjutkan jenjang pendidikan ke SMAN 59 di Kampung Bulak, Klender, Jakarta Timur. Mendapatkan gelar S.Pd pada jurusan pendidikan bahasa Inggris di STKIP Kusuma Negara lulus tahun 2011.

Penulis pertama kali mengajar muatan lokal bahasa Inggris pada tahun 2001 di SDN Karawaci 20. Bermodalkan kemampuan berbahasa Inggris yang didapat selama kursus bahasa Inggris selama 3 tahun di IEC Jatinegara dan kecintaan terhadap anak-anak, penulis memulai debutnya sebagai guru Bahasa Inggris di Karawaci Tangerang, Provinsi Banten. Setelah kurang lebih lima tahun mengajar Bahasa Inggris di SDN Karawaci 20 penulis berpindah tempat mengajar dari satu sekolah ke sekolah lain, dari satu tempat kursus ke tempat kursus yang lainnya.

Beberapa nama sekolah dan tempat kursus serta akademi yang pernah disinggahi oleh penulis sebagai guru, tenaga pengajar atau tutor adalah : SDN Cipinang Besar 5, Beltris English Institution (BEI), SDIT Al Huda Kelapa Gading, National English Center (NEC) as an English trainer at Gatot Soebroto Mid-wifery and Nurse Academy, Syafana Islamic School (International Curriculum Based School), and SDIT Darul Ma’arif Pondok Kelapa.

Penulis juga aktif berorganisasi di komunitas atau kelompok kerja guru di ruang lingkup pendidikan di wilayah Jakarta dan mendirikan Lembaga Bimbingan Belajar Hi-5 yang memberikan jasa kursus percakapan Bahasa Inggris untuk jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Beberapa organisasi yang diikuti diantaranya adalah : KKG Bahasa Inggris SD DKI Jakarta, KKG Bahasa Inggris JT1, KKG SD JT1, Komunitas Guru Bergerak Cinta Literasi, Komunitas Belajar Menulis PGRI, Komunitas E-Chit Chat dan Persatuan Guru Bahasa Inggris SD Indonesia atau disingkat PGBISD Indonesia dan TOT Jawa Barat. Selain aktif berorganisasi penulis juga aktif dalam bermedsos dengan menjadi admin beberapa akun youtube, Instagram, dan menulis di blog, diantaranya adalah :

1. Channel youtube KKG Bahasa Inggris SD DKI Jakarta.

https://youtube.com/channel/UCJod228N_X8gNc2uFTCeBPA

2. Channel youtube Dolanan Hi-5.

https://www.youtube.com/channel/UCoMW_th_jSG7bpKVC61xi3w/featured

3. Instagram KKG Bahasa Inggris SD DKI Jakarta. 

https://www.instagram.com/kkgeiska?r=nametag

4. Instagram Dolanan Hi-5.

 dolanan Hi-5 (@dolananhi5) • Instagram photos and videos

5. Podcast Dolanan Hi-5

https://anchor.fm/hi-5-tlc

6. Kompasiana

https://www.kompasiana.com/uriphidayat7081

7. Retizen

https://retizen.republika.co.id/user/posts

8. Blog pribadi

https://ryuyunomi.blogspot.com/

Buku antologi :

1. Lika Liku Maya (Judul naskah : Merdeka Corona)

2. Bangga Jadi Orang Indonesia  (Judul naskah : Petualangan Nusan dan Tara di Negeri Jambrud Khatulistiwa)

3. Gairah Literasi Negeri Ku (Judul naskah : Hikmah di Balik Pertemuan)

4. Hikmah di Balik Pandemi (Judul naskah : Catatan Si Coronawati Selama Pandemi Covid-19)

5. Love Stories 2 (Judul naskah : Berkah Cinta Guru Honorer)

6. Inspirasi Menulis dan Menerbitkan Buku (Judul naskah : Teaching English in A Fun Way through Songs)

7. Puisi akrostik (CINTA, BUCIN, ASMARA, RINDU, MINGGU, MOH URIP HIDAYAT, SABTU, SELASA)

8. PUBLIC SPEAKING (Judul naskah : Menaklukkan Glossaphobia)

Penulis suka berselancar di dunia maya membaca artikel-artikel yang menarik dan edukatif di sela-sela waktu luangnya untuk dijadikan bahan tulisan di blog dan buku yang akan dibuat. Selain berselancar di dunia maya atau browsing hobi penulis adalah mencoba hal-hal baru untuk meningkatkan potensi diri sehingga bisa menambah wawasan keilmuwan dan kompetensi diri sebagai bekal menghadapi persaingan bebas dengan negara-negara luar.

Penulis dapat dihubungi melalui WA 085770821095, email di urip.hidayat1803@gmail.com dan dapat dilihat artikel-artikel yang menarik seputar dunia Pendidikan di blog pribadi dengan nama blog Cipta Rasa Karsa Aksara di url : https://ryuyunomi.blogspot.com/. Penulis senang menjalin persahabatan dengan orang banyak bertukar pikiran dan sharing ilmu dengan para sahabat dan teman-teman baik yang dekat atau pun yang jauh.





Comments

Popular posts from this blog

SALAM SATU GURU

 SALAM SATU GURU! Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuuh,  Ketika kita ingin melakukan suatu kebaikan dan itu akan berdampak bagi diri kita sendiri dan orang lain. Sebagai contoh, dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita semua berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita entah itu di rumah, di lingkungan kerja atau di masyarakat. Sebagai makhluk sosial seperti itu kolaborasi dan sinergi adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa kita pungkiri. Kita memerlukan kerja sama dengan orang lain agar pekerjaan atau suatu proyek kegiatan yang kita sedang lakukan dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna. Sebagai makhluk individu saya mungkin dapat melakukan kebaikan untuk diri saya pribadi, sebagai contoh adalah ketika saya ingin jasmani dan rohani saya sehat dan dapat berfungsi dengan baik maka saya melakukan segala daya dan upaya untuk kesehatan dan keseimbangan keduanya seperti berolahraga, dan mengikuti pelatihan-pelatihan pengembangan potensi diri baik dalam ilmu umum ataupu

Berkah Cinta Guru Honorer

 #2  Berkah Cinta Guru Honorer   Sore itu sehabis sholat ashar berjamaah aku sengaja belum meninggalkan ruang utama mesjid karena ingin berbincang dengan beberapa teman dari jamaah mesjid Al Anshor Karawaci Tangerang. Di tengah-tengah kami sedang asyik berbincang masuklah rombongan anak-anak kecil murid TPA Al Anshor ke dalam mesjid seketika ruangan ramai oleh suara anak-anak TPA tersebut. Ku lihat sekilas ada 2 orang ustadzah muda yang sedang mengatur anak-anak agar bisa berbaris dengan rapih dan teratur. "Anak sholeh soleha" kata salah satu dari ustadzah muda. "Siap!" jawab anak" serempak. "Ayo sekarang kalian baris yang rapi dulu ya dan jangan ada yang bersuara. Kita akan praktik sholat ashar berjamaah." kata ustadzah berkerudung merah yang hitam manis berhidung mancung berperawakan mungil dan langsing. Aku pun sekilas melihat dirinya dan melemparkan senyum sekedarnya. Dan diapun membalas  dengan senyum manisnya. Deg...deg...ser... ti