Skip to main content

Petualangan Nusan dan Tara di Negeri Zambrud Khatulistiwa

 Petualangan Nusan dan Tara di Negeri Zambrud Khatulistiwa

 


Bel berbunyi, Pak Guser memberikan tugas kepada anak" untuk membuat laporan penelitian sejarah tentang kehebatan Indonesia. Pak Guser memberikan waktu seminggu kepada anak" untuk menyelesaikan laporan penelitian sejarah kehebatan Indonesia. Wah, anak" langsung merasa senang dan tertantang karena biasanya Pak Guser menjelaskan pelajaran sejarah ini dengan sangat menarik sambil bercerita dengan ekspresi wajah dan suara yang berbeda-beda menyesuaikan dengan kondisi dan situasi sejarah yang diceritakannya jadi kami tak bosan saat menyimak Pak Guser menjelaskan sejarah suatu bangsa. "Jangan lupa ya anak" kalian boleh menggunakan mesin waktu untuk meneliti sejarah Indonesia kembali ke masa lalu dan membuat rekaman video serta catatan untuk tugas  laporan penelitian sejarah kehebatan Indonesia." "Baik Pak" jawab anak" serempak. Kemudian setelah anak" selesai berdoa semua ke luar kelas untuk pulang ke rumah masing". Nusan dan Tara adalah saudara kembar anak dari pasutri Ibu Pratiwi dan Pak Satria. Mereka berdua di kelas yang sama yaitu kelas Pak Gusar sebagai wali kelasnya. "Tara gimana nih? Mesin waktu kita kan rusak." tanya Nusan. "Tenang Sa. Nanti kita bawa ke Paman Albert dia kan mekanik yang paling top di kota ini". “Oh iya ya, Nusan lupa.”

“Ra jangan lupa telepon Paman Albert ya. Besok kita bawa mesin waktunya ke bengkel Paman Albert”. “Iya sa tenang aja nanti malam Tara telepon Paman Albert”. Setelah makan malam Tara menelpon Paman Albert. “Halo selamat malam Paman Albert ini Tara. Bagaimana kabar Paman?”. “Eh, Tara selamat malam. Paman baik-baik saja Tara. Kabar Papa, Mama dan Nusan bagaimana Tara?”. “Papa dan Mama baik-baik saja Paman. Ini ada Nusan disebelah Tara sedang mendengarkan.” “Hai Paman Albert apa kabar?” kata Nusan menanyakan kabar Paman Albert sang mekanik top di seluruh kota Silikon. “Hai Nusan. Paman baik-baik saja”. “Begini Paman, kami ada tugas dari Pak Gusar guru sejarah di sekolah kami untuk membuat laporan penelitian sejarah tentang kehebatan Indonesia. Kami harus melakukan penelitian lapangan dengan mengumpulkan fakta-fakta menarik tentang sejarah kehebatan Indonesia di masa lalu, dan sekarang.” “Oh kamu kan punya mesin waktu jadi tinggal pakai mesin waktu aja untuk pergi ke masa lalu.” “Iya Paman kita punya tapi mesin waktunya rusak karena waktu terakhir kami pakai mesin waktunya menabrak dinosaurus.” “Wah gimana sih kamu, kok dinosaurus sebesar itu bisa kamu tabrak?” “Iya Paman ceritanya Panjang, nanti saja Tara ceritakan.” “Besok Paman ada di rumah kan?” “Iya Paman besok ada di rumah kok.” “Besok Tara dan Nusan akan bawa mesin waktunya ke rumah paman jam 9 pagi ya Paman.” “Oke kamu ke sini aja jam 9 boleh. Paman siapkan alat-alat untuk reparasi mesin waktu kamu besok.” “Baik terima kasih Paman Albert yang baik hati dan tidak sombong. Hehehe.” “Loh kamu baru tau ya Ra kalau Paman baik hati, tidak sombong, suka menolong dan suka menabung. Hahaha…”

Mentari pagi muncul dengan tersenyum ceria menyebarkan sinar wajahnya yang cemerlang disambut oleh kokok ayam jago yang memanggil orang-orang untuk bangun dari pembaringan dan melakukan aktifitas pagi serta menghirup udara pagi yang segar menyehatkan. Nusan dan Tara mengawali pagi hari yang cerah dengan membersihkan badan dan berolah raga main bulu tangkis di halaman depan rumah. Setelah cukup berkeringat main bulu tangkis selama satu jam Nusan dan Tara mandi, ganti baju sarapan, dan siap-siap ke rumah Paman Albert. “Pa, Ma Tara dan Nusan pergi ke bengkel Paman Albert dulu ya.” “Iya hati-hati kalian di jalan dan sampaikan salam Papa Mama ke Paman Albert ya…” “Oke Ma. Tara berangkat dulu ya…” Tara dan Nusan berangkat dengan menggunakan hoverbike yaitu motor terbang yang menggunakan gabungan mesin sepeda motor dan baling-baling yang seperti di helicopter. Di tahun 3021 ini teknologi sudah sangat canggih semua kendaraan dapat terbang dan menggunakan tenaga surya yang ramah lingkungan. Tidak ada kemacetan dan polusi udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor.



“Selamat pagi…, Paman Albert…” teriak Nusan dan Tara dari luar. “Pagi…ayo masuk Nusan, Tara, Paman lagi di bengkel nih.” Nusan dan Tara masuk ke dalam menuju bengkel Paman Albert. Ternyata Paman Albert sedang memperbaiki mobil terbang yang rusak. “Hai Paman Albert” “Hei Nusan, Tara, sorry ya Paman pasang komponen ini dulu sebentar nanti Paman cek komponen mesin waktu kamu yang rusak”. “Baik Paman” kata Nusan. Setelah menunggu beberapa menit Paman Albert memperbaiki mobil terbang pelanggan akhirnya Paman Albert selesai dan menyajikan makanan kecil dan teh manis hangat. “Coba Nusan Paman lihat komponen yang rusaknya” “Ini paman” kata Nusan sambil menyerahkan komponen yang rusak ke Paman Albert. Beberapa saat Paman memeriksa komponen yang rusak. “Sebentar ya Paman ambil alat untuk memindai kerusakannya.” Setelah beberapa saat Paman kembali dengan membawa alat seperti metal detektor hanya yang ini berukuran lebih kecil seukuran pemukul tenis meja. Paman memencet tombol power dan terdengar suara bip, bip lampu indikator power menyala. “Pindai kerusakan” kata paman sambil mendekatkan alat pemindai kerusakan ke mulut paman. “Bip, bip, bip, bip” suara dari alat pemindai kerusakan saat paman memindai kerusakan komponen. “Kerusakan terdeteksi…kode kerusakan e99” suara dari speaker alat pemindai kerusakan komponen. “Wow canggihnya” kata Tara terkagum-kagum. “Cepat sekali Paman ketemu kerusakannya” kata ku kepada paman.

“Iya Nusan alat pemindai ini paman rakit sendiri dari komponen barang-barang elektronik bekas yang masih berfungsi dengan baik.” “Wow paman hebat dan kreatif, emejing” kata Tara mengagumi Paman Albert. “Hehehe makanya Nusann dan Tara kalian belajarlah dengan giat supaya nanti kalian bisa seperti Paman Albert bisa membuat sendiri alat-alat yang canggih” “Ashiaaaaap Paman!” kata kami kompak. “Sebentar ya paman ambil dulu komponen penggantinya.” “Eh Tara Paman Albert itu keren ya… bisa memperbaiki apa saja yang rusak malah bisa buat alat-alat canggih yang belum ada sebelumnya” “Iya bener mantul kali nih Paman kita.” “Nah ini paman sudah dapatkan komponen penggantinya nanti paman akan copot dulu komponen yang rusak dan paman ganti dengan yang baru.” Setelah mengambil komponen yang baru dan memasangnya dipanel tempat komponen tersebut paman Albert segera menguji rangkaian panel untuk mesin waktu tersebut dan langsung berfungsi dengan baik. “Hore… akhirnya mesin waktu kita bisa hidup lagi” teriak Nusann dan Tara kegirangan. “Terima kasih ya Paman” kata Nusann kepada Paman Albert. “Iya Nusann sama-sama” kata Paman Albert. “Nanti kalau ada yang rusak lagi bawa aja ke sini ya…” kata Paman Albert. “Ashiaaap Paman!” kata kami berdua.



Keesokan harinya kami sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk menjelajahi lorong waktu dengan menggunakan mesin waktu. Pakaian khusus untuk menjelajah dimensi waktu dan tempat. Pakaian ini membantu kami agar merasa nyaman dapat menyesuaikan suhu ekstrim yang sewaktu-waktu bisa terjadi saat kami melakukan perjalanan menjelajahi dimenri ruang dan waktu dengan mesin waktu. Alat komunikasi dua arah dengan sinyal yang sangat kuat dengan sekali sentuhan saja kami bisa terhubung satu sama lain dengan suara yang jelas walaupun berada di posisi yang saling berjauhan jaraknya. Alat komunikasi ini sekaligus bisa menjadi alat teleportasi yaitu alat yang bisa membuat kita pindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat tanpa harus berjalan atau menggunakan kendaraan. Sarung tangan khusus yaitu sarung tangan dengan teknologi hi-tech yaitu mempunyai daya rekat yang sangat kuat, bisa menyemprotkan jaring yang sangat kuat sehingga bisa digunakan untuk bergelantungan dan berayun-ayun, memiliki kamera mini yang terhubung langsung ke kaca helm khusus dengan kualitas gambar HD, dan sarung tangan ini juga bisa berfungsi sebagai lengan bionik dengan kekuatan 100x lipat dari lengan orang biasa, dan sarung tangan ini juga bisa mengeluarkan sinar laser yang dapat digunakan sebagai senjata pertahanan diri ketika ada ancaman dari musuh. Helm khusus dengan kemampuan dapat melihat tembus pandang seperti sinar X, terkoneksi langsung ke mesin waktu untuk rekognisi suara jadi dengan suara kita bisa menghidupkan dan mematikan mesin, mengaktifkan atau menon-aktifkan mode auto driver serta navigasi GPS, berfungsi sebagai layar heads-up display, mempunyai kamera belakang. Setelah kami melakukan perjalanan melintasi dimensi ruang dan waktu dan membuat catatan jurnal dan rekaman video dan mencari sumber-sumber sejarah dari internet maka ada beberapa poin penting yang mempengaruhi kehebatan Indonesia di masa lalu, sekarang dan yang akan datang :

1.      Lokasi yang strategis.

Berdasarkan letak geografisnya,  Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia di sebelah utara dan Benua Australia di sebelah selatan. Indonesia juga terletak di antara dua samudera, yaitu Samudera Pasifik di sebelah timur dan Samudera Hindia di sebelah barat dan selatan. Dengan lokasi strategis Indonesia maka keuntungan yang didapat adalah : proses ekspor impor mudah, membantu perekonomian masyarakat, kemajuan di bidang social budaya, kaya akan sumber daya alam, kaya akan ikan dan biota laut.

2.      Jumlah dan potensi penduduk yang cukup besar, menempati urutan keempat di dunia setelah RRC, India dan Amerika Serikat. Potensi sumber daya manusia Indonesia ini jika dikelola dan dikembangan dengan baik maka akan menjadi kekuatan baru di asia sebagai macan asia yang dapat bersaing dengan negara-negara maju asia lainnya seperti Cina, Jepang, dan Korea.

3.      Semangat Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda mendorong bangsa Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang lepas dari penjajahan. Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan sejarah bangsa tentang kehebatan bambu runcing. Senjata yang berbahan dasar bambu ini menjadi icon penting yang menyertai bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaan. Padahal pejuang pada zaman dahulu harus berhadapan dengan tank-tank besar dan persenjataan lengkap, akan tetapi hanya dengan bambu yang diruncingkan, mereka mampu mengusir penjajah. Kepercayaan terhadap kekuatan doa ternyata mampu membangkitkan semangat juang pemuda Indonesia dan membuat bambu runcing menjadi senjata yang istimewa. 

4.      Memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial budaya, seperti adat istiadat, bahasa, agama dan kesenian.

5.      Memiliki tata krama atau keramahan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain sehingga sangat menarik bangsa-bangsa lain di dunia untuk datang ke Indonesia.

6.      Keindahan alam Indonesia dengan aneka ragam flora dan fauna membuat bangsa Indonesia sering dikunjungi bangsa-bangsa lain.

7.      Wilayah darat dan laut Indonesia sangat luas. Ini menjadi modal bagi kesejahteraan bangsa Indonesia.

8.      Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menyatukan bangsa Indonesia sehingga meski terdapat keberagaman namun prinsipnya tetap satu pandangan.

Itulah beberapa poin penting kehebatan Indonesia yang sejak dulu sudah menjadi buah bibir negara-negara di seluruh dunia karena itulah menjadi daya tarik bagi para penjajah untuk menguasai Indonesia. Dan orang tua kami bangga terlahir sebagai orang Indonesia karena itulah mereka memberi nama kami Nusan dan Tara. Kami bangga sebagai orang Indonesia.

 

Jakarta, 9 September 2021 12:22

Moh. Urip Hidayat

Comments

Popular posts from this blog

Surround Yourself by Fluent English Speakers

  To speak good English, surround yourself by people who speak English fluently   Let us say that your current English speaking skills aren’t great. You aren’t very confident of being able to communicate confidently and effectively in English with anyone, be it a small group or a large one. However, you are very determined to improve your spoken English skills rapidly and prove to yourself that you can do it, while making a good impression on those around you. Taking up an  English speaking course  is obviously one way to speed up the process of learning, and an important one at that. Yet, there is another critical element that can determine the rate and extent of success in your endeavour. Just as the old English adage goes, “a man is known by the company he keeps”, your success in  improving your English skills  will depend largely on the “company” you keep. If you are around people who speak in English regularly, you have a much greater chance of improving your own speaking

5 Types of teachers who transform learners of all kinds

  5 Types of teachers who transform learners of all kinds https://www.flatlandkc.org/assets/uploads/2014/09/TypecastingTeachers-optimized.pdf Teachers have a one-of-a-kind opportunity to make an impact on young learners during some of their   most important developmental years  — childhood and adolescence are highly critical to the formation of an individual. So much of a person can be determined based off their early years of life. And that is exactly why the role of a teacher is paramount. In fact, multiple types of teachers   top the charts on  surveys measuring the most meaningful careers . Teachers don't just teach; they inspire their students and guide them along the greater path of growth throughout their childhood, adolescence and into young adulthood. They can be mentors and allies. Sometimes a teacher will be the only positive role model for a student. In many cases, the influence of a teacher can last a lifetime. If you're thinking about pursuing a passionate career

Think in English

  §   Do you speak with a lot of  pauses  and  hesitations? §   Do you have  difficulty   expressing your ideas  in English? §   Do you  mentally translate  from your native language to English… but the sentences come out  incorrect  or  unnatural  when you speak? If you want to eliminate these problems and become fluent in English, the secret is… Learning how to think directly in English! Many English students say: §   “It’s too difficult! §   “I don’t know enough English words!” §   “I need to think in my native language and translate.” The problem with thinking in your native language and translating is that it results in sentences that  are not correct  in English, because the grammar and sentence structure is often different in English and your native language. Also, it  takes too much time  to think and translate when you’re in a conversation – leading to pauses, hesitations, and the inability to speak fast and fluently. Many students believe that thinking