Skip to main content

KOMITMEN MENULIS DI BLOG (Resume ke-21)

 KOMITMEN MENULIS DI BLOG

 



Pertemuan       :  Jum’at, 19.00-20.00WIB, 27 Agustus 2021

Nara Sumber   :  Dedi Dwitagama.

Moderator       :   Aam Nurhasanah        

Judul Tema      :  Komitmen Menulis di Blog.

 

Tak terasa waktu terus berjalan dan kita memasuki hari ke 21 kegiatan belajar menulis. Seharian persiapan untuk PTM karena SK untuk mengadakan sekolah tatap muka sudah harus di laksanakan hari Senin, 30 Agustus 2021. Persiapan yang ketat dan cepat. Kami para guru harus cepat berkonsultasi dengan berbagai pihak. Dengan Satgas Covid di kecamatan jatinegara Kaum, Puskesmas dan Sudi serta pengawas Monitoring serta dengan orang tua murid dan Komite sekolah. Semua harus selesai samapi hari Sabtu. Para Guru mengajar sudah siap dengan protokoler kesehatan dan RPP TPM serta metode yang menyenangkan. Membuat tubuh dan pikiran lelah.

“Kini kita masuk sesi motivasi yang akan disampaikan guru kita bapak Dedi Dwitagama. Sedikit demi sedikit, mulailah mengumpulkan tulisan anda menjadi buku yang bermutu. Andi bisa memilih penerbit dengan biaya sendiri atau memilih penerbit mayor dengan pesyaratan yang ketat. Hidup adalah pilihan. Hal yang paling penting, setelah mengikuti pelatihan ini anda komitmen menulis di blog dan menjadi guru blogger Indonesia,”kata Bu moderator bu Aaam Nurhasanah ,S.Pd..

“Malam ini kita akan mendapatkan motivasi tentang bagaimana seorang pendidik mampu komitmen menulis di blog. Materi akan disampaikan oleh bapak Dedi Dwitagama dengan blog beliau yang keren, https://dedidwitagama.wordpress.com,”kata bu Aam Nurhasanah,S.Pd. memeperkanalkan Nara sumber pak Dedi Dwitagama.

 Acara malam ini akan dipandu oleh moderator terkenal Indonesia yaitu ibu AAM Nurhasanah, beliau akan memimpin jalannya acara kuliah online malam ini. Ibu AAM memimpin jalanannya kuliah online malam ini.

“Assalamualaikum Wr.Wb.  Mohon izin, untuk menjelaskan aturan main kelas kita spesial untuk narasumber malam  Ini. Selamat malam Bapak Ibu Guru di seluruh tanah air. Malam ini kita akan memasuki pertemuan ke-21 dengan narasumber hebat Bapak Dedi Dwitagama.Saya harap, bapak ibu guru sudah menyiapkan naskah terbaiknya untuk disusun menjadi buku yang menarik saat dibaca,”katanya moderator bu Aam Nurhasanah S.Pd..

“Narasumber malam ini adalah Guru blogger Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd. yang menarik Omjay ke dalam dunia blog dan sukses menyandang gelar "Guru Blogger Indonesia". Ada beberapa ketentuan sebelum acara kita mulai, pertama, khusus malam ini, grup akan dibuka, kedua, peserta akan langsung  mengirimkan pertanyaan, dengan catatan, antri dan tidak boleh saling mendahului,ketiga, Ada kejutan uang Rp. 200.000 untuk 1 orang penanya terbaik, keempat Harap diskusi kita berjalan dengan lancar. Aminn,”kata bu Aam Nurhasanah menjelaskan peraturan belajar menulis on line malam ini

            “Assalamualaikum apa kabar bapak ibu guru Indonesia berjumpa kembali dengan saya jadi untuk Anda yang pernah jumpa dan buat yang baru kenal selamat ketemu dengan agama saya SMK Negeri 50 Jakarta mengampu mata pelajaran matematika kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman menulis blog sejak tahun 2005,”kata pak Dedi Dwitagama,M.Pd.

Alamat Rumah : Jl. E.1 No. 3 Cipinang Muara Raya. Jatinegara – Jakarta Timur 13420 Indonesia
Telepon : (62-21) 8509054 – HP: (62) 812 8534 836

 Pendidikan
•2001 : Magister Sains Matematika Industri Jurusan Statistik – ITS Surabaya
•1998: Magister Manajeman SDM STIE IPWI Jakarta
•1995 : Sarjana Pend. Matematika FP.MIPA IKIP Jakarta
• 1987 : Diploma III Pend. Matematika IKIP Jakarta
• 1983 : Jurusan IPA – SMA Negeri 35 Jakarta
• 1979 : SMP Negeri 19, Kebayoran Baru Jakarta
• 1976 : SD Mekarsari, Kebayoran Baru Jakarta Selatan

 

Prestasi yang pernah diraih
• Nominator Blog Pendidikan terbaik Indonesia, Pesta Blogger Nasional, Jakarta, 2011
• Juara 3 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, 2008
• Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, 2008
• Juara 2 e-Learning Award tingkat Naasional, Pustekkom Depdiknas RI, Oktober 2008
• Juara 3 Kompetisi blog “I Love Mobile Blogging”: XL dan Dagdigdug, FKI – JHCC Jakarta, Juni 2008
• Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, Jakarta 2004
• Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, Jakarta 2004
• Juara 2 Guru Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, Jakarta 2003
• Juara harapan 1 Pembacaan Pembukaan UUD 1945, Jakarta 1987
• Juara ke-2 Menyanyi Keroncong se DKI dan Jabar, Jakarta 1986
• Juara harapan 1 Lomba Baca Puisi se DKI Jakarta, Jakarta 1986
• Juara ke-3 Puitisasi Al Quran se-Jabotabek, Jakarta 1985
• Juara harapan 2 Paduan Suara tingkat SLTP se Jawa, Bandung 1978
• Juara ke-1 Deklamasi se DKI Jakarta, Jakarta 1976
• Juara ke-1 Menyanyi se kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta 1975
• Juara ke-2 Deklamasi se Jakarta Selatan, Jakarta 1974

 Saya menulis di blog sejak th 2005 di platform blogspot

Pertanyaan pertama,Dail dari Serang.

Pertanyaan pertama, Mengapa kita harus berkomitmen menulis di Blog?,  Kedua,  Apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan dengan  komitmen menulis di Blog?

Wah senang sekali sudah ada yang bertanya, terima kasih pak/ibu Dail dr Serang . Pertama, buat saya menulis di blog seperti meninggalkan jejak tentang apa yang saya lakukan, saya fikirkan dan rencanakan sebagai  warisan buat anak cucu saya dan orang" yang membutuhkan, Kedua  Manfaat ngeblog bagi saya mendapat undangan KELILING INDONESIA DAN DUNIA seperti ke Malaysia, Singapore, Thailand, Jepang, dan Korea Selatan, Alhamdulillah, menurut pak Dedi  Dwitagama,M.Pd.

Tipsnya gampang, tapi sangat susah dikerjakan. Menulis aja setiap ada ide dan ada waktu, tak pedulikan apapun penilaian orang.Di bawah ini salah satu posting saya dengan sedikit kata-kata saya upload mesjid dimana say asholat jumat. Tulisannya cuma tiga baris, ternyata ada yang komenta ,…seneeeeeng banget jadinya, menurut pak Dedi  Dwitagama.

Pertanyaan,Kedua  Nur H- Yogya

Pertama, Mengapa memilih Blog untuk ajang ekspresi menulis,knapa tidak media yg lain yg lebih familiar bagi banyak orang?, Kedua, Apa tujuan strategis dari menulis di Blog?Apakah lebih menguntungkan dibanding media yg lain?,ketiga, Bagaimana  trik dan  tips agar konsisten dan komitmen menulis di Group?

Pertanyaan,Ketiga, Syafruddin-Tolitoli,Sulawesi Tengah, Gelobang 20

Adakah kiat-kiat yang mudah untuk menguasai Blog menulis?tanya Syariffudin.

Matur suwun Jeng Nur, Pertama, karena menulis di blog itu gratiiiis, saya tak direpotkan untuk menyimpan dan mempromosikan, google mempromosikan kontent saya, karena belum banyak yang tahu saya akan jadi pioner dan ekspert karena telah memulai sebelum orang melakukannya, Kedua, Untung atau tidak tergantung dibandingkannya dengan apa? tapi setiap perbuatan tak pernah ada yg percuma,...bumi akan selalu membalas perbuatan makhluknya sebesar apapun perbuatan itu, Ketiga tipsnya gampang, tp sangat susah dikerjakan, menulis aja setiap ada ide dan ada waktu, tak pedulikan apapun penilaian orang, menurut Syrifuddin..

Pertanyaan, Omma Babys,NTT,

agaimana cara yang sederhana agar dapat menulis di blog?”.

Aaloooow Omma Babys NTT, smoga omma pu kaba baek" gampang sekali oma, segera tulis aja apa yg ada di hati omma. jan pikir" orang mo respon apa,... kasih satu foto supaya lebih menarik ... su beres tuuu ... upload deh .... ualangi lagi besok, jadi banyak omma pu postingan, GBU Omma, menurut pak Dedi Dwitagama.

Bawa asisten buat fotoin dan. Videoin saat pak Dedi berbicara di forum dan siswa SMK yang diajak sambil belajar. Alhamdulillah ibu masih ingat ... gegara itu saya punya banyak asisten, mereka sukaa karena diajak jalan" dan makan" hahaha, menurut pak Dedi Dwitagama.

silahkan yg mau nanya, penanya terbaik akan medapat hadiah paket pulsa 200.000 rupiah

Pertanyaan, Ali Mustofa, Asal Sragen. Peserta Gelombang 19.

Berkomitmen adalah hal yang tidak mudah karena onak duri selalu mengiringi dengan berbagai dalih oleh karenanya ada suata pertanyaan Bagaimana agar tetap solid berkomitmen dan mampu menerjang onak dan duri yang menyelimuti disetiap waktu?

suwun Pak Ali Mustopa dr Sragen, itu memang tantangannya ... banyak cara yg biasa sy lakukan, salah satunya adalah sy menulis saat menunggu rapat, menunggu istri belanja, menunggu penerbangan, dsb ... menulis bisa dilakukan dg HP, ada aplikasi android dan aple untuk blog wordpress, silahkan diunduh, menurut pak Dedi Dwitagama.

Pertanyaan, Nuratikoh,Berau- Kaltim,Gel. 19

Pertama, Apa manfaat pengunjung di Blog?,Kedua, Jika sang blogger sering mengedit tulisannya, apakah jejaknya terbaca, dan resikonya apa?

Bu Nuratikoh dari Berau Kaltim, pertama,manfaatnya dapat banyak pengetahuan, Kedua,tidak ada masalah, suka.  kita ajak karena blog seperti rumah kita yang bebas mau kita apakan, terima kasih, menurut pak Dedi Dwitagama.

Pertanyaan, Derliana Pangkalpinang,Bangka Belitung, Gelombang 19

Apa yang harus kita lakukan agar resume yang kita buat dapat menjadi sebuah buku

 

Pertanyaan, Ries Muhammad Effendy,Jakarta timur 1.gelombang 19.

Pertama, Bagaimana caranya  supaya blog kita di baca dan si gemari pembaca dan berkomentar di blog kita?,Kedua, Adakah Cara cepat menarik perhatian agar blogger kita menarik?,Ketiga, Jenis tulisan apa saja yang di cari dan di gemari pembaca atau yg di cari pembaca?,Keempat, Bagaimana kangjah pertama sebagai penulis blogger pemula?,Kelima,Bekal apa yang harus kita latih dan di pelajari?

Halo Pak Ries Muhammad Effendi dari SDN Jatinegara kaum no 1 Jakarta Timur . Pertanyaan Anda yang banyak cara agar blog kita dibaca dan digemari pembaca dan berkomentar di blog kita adalah usahakan Anda menulis tentang apa saja yang banyak orang butuhkan sehingga banyak orang yang searching kata kunci pakai kata-kata yang ada dalam tulisan blog anda dan akan terhubung ke blog Anda, saya nggak pengunduh pengunjung blog anda akan banyak soal apakah mereka mau komentar atau tidak.  Ya seperti anda ketika membaca blog saya ketika anda membaca blog orang lain Anda mau berkomentar atau tidak kan terserah anda tetapi kalau anda mau dikomentari komentar blog orang lain pasti dia akan datang ke blog Anda kalau dia tidak sibuk. Akan memberikan komentar pada tulisan di blog coba saya kasih komentar maka saya akan komentar di tulisan, Cara cepat untuk menarik perhatian blogger kita agar kita menarik cara cepat promosi di Instagram promosi di Facebook promosi promosi di tiktok atau bikin tugas murid-murid anda yang tugasnya ada di blog Anda pasti mereka mengunjungi blog Anda kasih aja line-nya lewat WA. Nanti belum ada statistiknya karena banyak sekali soal itu menarik atau tidak menarik perhatian kan bisa dengan cara paksa atau sukarela. Anda harus tapi kalau yang bagus tapi anak materi pelajaran apa yang dicari yang banyak digemari atau banyak dicari pembaca. Ini Pak Ries nggak bisa dikendalikan soal sekarang mereka sedang butuh apa siapa yang bisa juga mengendalikan tapi sederhananya gampang aja.  Sekarang yang bisanya cara membuat pembelajaran jarak jauh , yang lagi banyak dicari tentang KKM, dicari tentang PPKn ,tentang P3K. Itu sesuai dengan trending saat ini. Ada tulislah tentang itu nanti akan dikunjungi orang yang pengen tahu tentang itu dan tuliskan anda belajar jadi ekspor di bidang itu. Kalau sekarang peluang yang bagus yang anda pelajari a sampai z terus buat resume tulisan dengan cara bertutur anda sendiri dan orang yang Anda pikir sendiri tentunya jangan copy paste. Langkah. pertama sebelum dikirim sama nulis aj. Apa yang harus kita latih? Apa PR banget pak itu ? Semoga berkenan Pak kalau Japri thank you menurut  pak Dedi Dwitagama.

Pertanyaan

Pertama, Hal apa yang bapak impikan belum tercapai di bidang literasi digital, bagaimana usaha bapak untuk merealisasikannya?,Kedua, Karya atau kegiatan apa yang paling bapak sukai?”kata Peserta pelatihan menulis.

Silahkan bu saya tidak punya mimpi macam, bu, amat sangat mensyukuri apa yg sudah sy capai, soal capaian berikutnya mah mengalir aja... mungkin umur juga berpengaruh, saat ini 57 tahun, mawas diri lah,...terlalu ambisi bisa bikin abis diri sendiri,... yang penting anak sudah selesai S2 di Eropa hasil beasiswa, soal literasi digital biarlah pemerintah yang urus., Kedua, Saya suka fotografi, jalan sambil kuliner dan menyanyi,..blog foto saya http://fotodedi.wordpress.com,”jawab , menurut pak Dedi Dwitagama.

Pertanyaan,Lina,Gel. 20,Bandung

Ketiga, mengapa ada penulis yg membagikan file pdf buku karyanya d Google Drive secara gratis? Padahal proses menerbitkan buku itu panjang sekali.Kempat, Saya pernah melihat blog yang mencantumkan : anda ingin iklan anda tampil disini, hubungi kami. Itu bagaimana bisa menyulap blog kita seperti itu?

Ini jawaban buat Ibu Lina yang dibantu tentang ada penulis Yang membagikan PDF dari buku karyanya di Google secara gratis padahal dalam dunia kreatif itu secara umum ada dua kelompok orang ada yang menganut copyright dimana mereka menyatakan bahwa produk mereka itu intelektual yang kalau mau bayar sehingga yang menemukan mobil yang yang yang yang kemudian memberikan hadiah Nobel setiap tahun karena patennya membuat keluarga mereka kaya luar biasa dan kemudian kekayaan itu diberikan untuk membangkitkan minat di bidang penelitian dan ilmu pengetahuan ada orang yang menganut copyleft ini ada yang biarkan saja orang pakai apa yang sudah itu mungkin penganut yang iya aja silakan terkini modern kalau tidak salah yang yang yang penelitiannya di Inggris di mana ada, menurut pak Dedi Dwitagama.

Bapak Ibu yang berbahagia dari seluruh Indonesia dalam naungan PBB PGRI pertama special thanks buat om Wijayakusuma yang sudah memberikan kesempatan saya buat berbagi untuk teman-teman yang hebat banget pertanyaannya deras dan membuat materi saya mengalir luar biasa semoga bermanfaat juga buat moderator bu sudah menjadi moderator dengan baik saya adalah peribahasa yang sudah kita kenal sejak lama gajah mati meninggalkan gading harimau mati meninggalkan belang manusia mati meninggalkan apa nggak akan lama tidak kalau anda tidak pernah berinteraksi di dunia maya ketika anda Googling nama anda bahkan saya pernah mengguling seorang nama yang saya kira begitu terkenal tetapi ternyata menyedihkan infonya jadi kalau anda ingin meninggalkan gading atau buatlah blog , menurut pak Dedi Dwitagama.

Pertanyaan, Deni Darmawan,: Jakarta

Pertama,Bagaimana tips menulis blog bisa menjadi buku?,Kedua,Bagaimana agar blog bernilai ekonomis alias menghasilkan uang?,Ketiga,Bagaimana kok bisa pak Dedi menulis di Blog bisa mendunia, alias keliling dunia?

Halo Pak Deni Kurniawan dari Jakarta pertanyaan Bapak pertama Bagaimana menulis blog bisa menjadi kumpulkan saja tulisan-tulisan Bapak diurutkan sesuai dengan topik dan temanya temui redaktur nanti bapak akan diajak berbincang tentang komunikasi bagaimana agar bernilai ekonomis silakan Anda browsing yang namanya penghasilan uang yang didapat dari jumlah orang yang mengklik blog Anda seperti halnya itu banyak di dunia yang menggunakan absen untuk menghasilkan ekonomi tentang caranya silakan Anda Googling Saya tidak bisa bicara tentang itu karena saya tidak melakukannya bagaimana kok bisa Pak Dedi menulis di dunia alias dunia terakhir saya ke Korea untuk mengikuti akademik leadership for school principle itu diawali dari kegiatan di south east Asia school, menurut  pak Dedi Dwitagama.

Pertanyaan, Endang , Depok

Sejak awal saya menyimak, mengamati awalnya saya bertanya dalam hati kapan materinya, ternyata saya ikuti wow, asyik juga isi materinya berjalan. Langsung aplikatif.

 

Pertama, Saya berusaha untuk Komitmen menulis diblog, berusaha memunculkan ide, bahkan untuk menjaga komitmen saya beranikan diri dgn ilmu yg sedikit untuk menjadi guru eskul literasi lewat blog. Namun, saya seperti berada di awan belum juga mendarat di blog. Saya belum mengetahui apa yg saya alami ya pak? Kemudian, trik apa yang pas untuk menulis diblog sebagai pemula? menurut pak dedi Dwitagama.

Halo Bu Endang dari Depok ibu atau bapak mohon maaf ya Berdasarkan pengalaman memberikan materi di grup WA kalau saya menyampaikan materi lebih tunggu itu saya seperti bicara dengan tembok dan belum tentu materi yang saya yang saya bicarakan itu kalian butuhkan Anda butuhkan Berdasarkan pengalaman beberapa kali memberi materi di grup WA saya putuskan Saya hanya memberikan sedikit tentang perkenalan dan selanjutnya saya sudah berkoordinasi dengan objek dan moderator Aam pertanyaan silakan masuk atau teknisnya silakan bagaimana karena saya lebih suka masuk dari pintu pertanyaan dan semoga saja jawaban saya tapi dari situ saya merasa jawaban Saya pasti dibutuhkan Anda bertanya itu dan anda merasa materinya berjalan langsung aplikasi wow thank you for your menulis, menurut pak dedi Dwitagama.

Pertanyaan Asia Nurwati,Gel.20.

Salam kenal dan semoga sehat selalu Pak Dedi dan keluarga. Ketika Pak Dedi melihat kolom komen di Blog Bapak, apakah selalu Bapak balas komen tersebut? ,Kedua, Apakah sebaiknya setiap respon seyogyanya dibalas?

Halo Pak Deni Kurniawan dari Jakarta halo Pak Deni Kurniawan di Jakarta pertanyaan Bapak pertama Bagaimana tips menulis blog bisa menjadi kumpulkan saja tulisan-tulisan Bapak, menurut Pak dedi Dwitagama.

 Pertanyaan, Ms Phia From  Kota Sukabumi

Ada pertanyaan saya sebetulnya yang belum dapatkan jawaban dari kelas belajar bicara saya sesuaikan pertanyaan.

Pertama,Dalam satu bulan menulis di blog yang paling banyak berapa artikel?,Kedua, Share tips to handle and keeping up best performance between hectic working time, writing, keynote speaker, other extra job?

Thank you for Miss via from Sukabumi is like your house is on you you will put in how many chairs in your house and then i think so look itu seperti rumahmu aja mau nulis sebulan satu tulisan atau sebulan 30 tulisan atau sebulan 30 tulisan is depend on you di saya sarankan sih karena gini ada apa ya Ada pendapat umum bahwa kalau blog itu di-update sebulan sekali itu kategori ini masih aktif menulis blog itu tapi kalau 3 bulan sudah tidak ada update tulisan baru itu bloknya seperti mati jadi dan bahkan kalau di WordPress andaikan Ibu sedang mengemudi Ibu bisa nulis sekaligus 12 tulisan Ibu bisa posting 12 tulisan itu dalam waktu 12 bulan ibu jadwalkan in love you don't need to make tinggal santai-santai saja tulisan anda akan muncul sebulan sekali oke pertanyaan, menurut Pak Dedi Dwitagama.

Pertanyaan, Deni Darmawan, ingin bertanya lagi.

Adakah jampi-jampi atau mantra khusus ketika Pak Dedi mempengaruhi Omjay menulis di blog sampai Omjay jadi penulis blogger Indonesia, bahkan kalah pamor kayaknya sama Omjay hehehe?

Pak Deni pertanyaannya kecil kata buat apa jampi-jampi khusus ketika Pak Dedi mempengaruhi objek yang menulis di blog sampai menjadi penulis blogger Indonesia bahkan kalah pamor kayaknya sama Om ya Pak Deni saya jawab dari belakang pertanyaan anda guru yang hebat adalah guru yang mampu mendidik muridnya dan muridnya menjadi lebih hebat dari dirinya hebat kalau guru yang tetap menang dari muridnya itu ngajarnya Pak jadi buat saya alhamdulillah saya Saya punya murid dan muridnya jauh lebih hebat dari saya saya cuma saya cuma suka bercanda orangnya ketika saya ketemu di depan gedung paskah Saya sedang membuka laptop apa namanya terus dia tanya lagi ngapain Pak Dedi lagi ngapain lagi nulis blog itu apa itu jurnal gitu yang ditayangkan di internet Bapak Guru apa Guru di mana di LiveScore, menurut pak Dedi Dwitagama.

Pak pak Dedi lagi ngapain Saya lagi nulis blog itu apa blog itu kayak jurnal gitu yang ditayangkan di internet Bapak Guru apa saya guru di mana di lab School sekolah beliau pulang aja deh sekarang bilang sama kepala sekolah sekolah anda untuk teman saya bilang dia udah malam di saya suruh memerintahkan kepada umatnya untuk jadi penulis di blog rupanya beliau terus Googling dan mencari dan akhirnya beliau menulis di blog jadi oh jauh lebih hebat dari saya Saya bangga dan tapi kan ada sesuatu yang tidak nampak yang terjadi diantara kita di Allah itu rahasia oke Pak Deni semoga jelas, menurut pak Dedi Dwitagama.

Pak pak Dedi lagi ngapain Saya lagi nulis blog itu apa blog itu kayak jurnal gitu yang ditayangkan di internet Bapak Guru apa saya guru di mana di lab School sekolah beliau pulang aja deh sekarang bilang sama kepala sekolah sekolah anda untuk teman saya bilang dia udah malam di saya suruh memerintahkan kepada umatnya untuk jadi penulis di blog rupanya beliau terus Googling dan mencari dan akhirnya beliau menulis di blog jadi oh jauh lebih hebat dari saya Saya bangga dan tapi kan ada sesuatu yang tidak nampak yang terjadi diantara kita di Allah itu rahasia oke Pak Deni semoga jelas, menurut Pak Dedi Dwitagama.

Pertanyaan,Rosminiyati,Gelombang 19

Pertama,kesulitan apa yang pernah Bapak alami terkait mengelola blog?,kedua, pernahkan Bapak mendapatkan komentar yang kurang nyaman atas konten blog Bapak?,ketiga,bagaimana pandangan guru-guru dan siswa setelah Bapak sukses sebagai bloger?’tanya ibu Rosmiyati.Halo Ibu Rosmiati Terima kasih pertanyaannya Ibu bertanya 3 pertanyaan kesulitan apa yang pernah saya alami terkait mengelola ya nggak ada nggak ada nggak ada nggak ada ide nggak nulis tapi biasanya sih atasi dengan cara blog walking Saya berkunjung ke blog orang pernahkah Bapak mendapat komentar yang kurang nyaman atas bantuan Bapak pernah kalau Ibu mau cari guru bodong nafsi TKD saya dikomentari banyak banget tapi saya santai aja Bu dan sebenarnya kita bisa mengedit komentar orang itu jadi kalau ada komentar yang kurang nyaman blog bisa merubah jadi komentar yang bagus yang komentar gondok kok berubah tadinya jelek jadi bagus jadi memuji nggak papa yang ada di pondok orang Kendari di tangan sih nggak kalau mau dihapus juga bisa jadi semua ada di atas Bagaimana pandangan guru-guru dan siswa Bapak aduh kalau buru-buru sih Saya nggak peduli itu apa mereka yang mau bilang karena biasalah di dunia ini kan positif negatif selalu berjalan beriringan kalau anak-anak mahasiswa mah lugu kadang mereka juga nggak tahu tentang tapi saya nggak mencari pandangan lurus yang melakukan sesuatu yang suka dan itu bermanfaat buat hidup dan semoga bermanfaat, menurut pak dedi Dwitatagama.

Pertanyaan, Agung Pramono,Asal : Serpong

Pertama, saya sudah mempraktekkan nulis di blog dan sudah dapat adsens berarti sudah ada iklan, ternyata penghasilan kecil juga. Apakah ada yang salah pak yang saya lakukan.,kedua,  Pak Dedi bisa keliling Eropa dari blog, bisa diceritakan asal muasalnya pak. Saat pak Dedi keliling daerah atau dunia bagaimana dengan tugas yang ditinggalkan supaya kita pergi ini tetap nyaman,ketiga, saat jadi guru lagi apa masih ngeblog pak, apa kiat tetap ngeblog walaù kondisi berbeda?.

Ini jawaban buat Pak agung Pramono dari Serpong pertanyaan pertama anda sudah mempraktekkan absen sudah anda sudah ada iklan tapi penghasilannya kecil juga ya. Memang itu enggak terlalu besar tidak sebesar yang dipromosikan .  Upaya yang dilakukan itu luar biasa investasi mereka membayar tim tenaga kerjanya juga luar biasa jadi itu setimpal dengan penghasilan.  Bahkan saya nggak mencari penghasilan dari blog Pak anda tidak salah terus saja nulis di blog dan usahakan pengunjung blog Anda makin banyak. Dengan menulis materi-materi yang banyak memunculkan . Kedua saya bisa keliling Eropa dari blog Saya kayaknya nggak nulis keliling Eropa Pak! Saya pernah ke Jepang dan Korea Selatan tapi saya bilang tadi saya sudah puas berkaitan dengan literasi digital. Karena saya sudah punya anak pertama yang sudah selesai studi S2 di Eropa dari beasiswa. Jadi asal muasal saya keliling Eropa ke luar negeri deh umumnya saya mewakili Indonesia untuk berbagai kegiatan seperti training seminar atau konferensi yang institusinya adalah Kementerian Pendidikan, Badan Narkotika Nasional oh ya pernah Organisasi Buruh Internasional itu yang mensponsori saya untuk keluar negeri. Ke luar negeri bagaimana tugas yang ditinggalkan supaya tetap nyaman? Sejenis Pak kita titip sama beliau teman kita yang ngajar mata pelajaran yang sama dengan tidak lupa membeli oleh-oleh saat kita pulang.  Agar aman ya izinlah ke Kepala Sekolah, Kepala dinas karena kepala sekolah yang baik dan kepala dinas yang baik ketika ada guru yang mendapat tugas dari negara untuk pergi ke luar negeri itu akan senang, bangga, dan mendorong. Bahan dorongan yang baik sekali memberikan tambahan untuk transport karena senangnya. Apa namanya guru di daerahnya bisa mendapat kepercayaan keluar negeri.  Apa masih justru saya merasa lebih nikmat saat jadi guru untuk menjadi blogger karena banyak dari interaksi dengan anak-anak di kelas. Ini banyak sekali dari jam belajar menulis, Saat anak-anak mengerjakan ulangan saya menulis di laptop saya sekarang bawa laptop ke kelas saat mereka mengerjakan ulangan. Saya yang suka dari meja guru menulis dua atau tiga artikel kadang sampai empat dan lima artikel. Kalau sudah dapat si linknya Pak agung menulis belum terjadi nikmat semoga, menurut pak Dedi Dwitagama.

Pertanyaan,Lukman,Asal Bekasi.

Pertama, bagaimana cara melawan diri sendiri agar kita bisa istiqomah dalam menulis diblog?,kedua, bagaimana cara menjaga blog yang sudah ditinggalkan atau sudah tidak mengisi lagi tulisan, ketiga, bagaimana Cara menulis artikel terbaik yang benar-benar dibutuhkan pembaca kita?.

Ini jawaban untuk Pak Lukman asal kasih pertanyaan pertama, Bagaimana melawan diri sendiri agar bisa istiqomah dalam menulis blog kalau Anda yakin akan Allah tak pernah tidur. Dia akan membalas setiap kebaikan yang kita lakukan jika kita Istiqomah menulis blog tunggu aja pembalasannya yang kita nggak tahu caranya. Tiba-tiba akan datang karena Tuhan tidak tidur yang, menurut pak Dedi Dwitagama.

Kedua Bagaimana cara menjaga produk yang sudah ditinggalkan atau sudah tidak mengisi lagi kalau sudah ditinggalkan atau sudah tidak di isi tulisan lagi?, menurut pak Lukman.

Kenapa harus dijaga menurut saya Pak Lukman cara menjaga blok adalah dengan mengisinya dan  menulis itu  seperti rumah. Kalau rumah tidak diisi dengan hal-hal yang bagus juga untuk menjaganya dengan menuliskan, atau Anda mengedit penampilan mengganti warna apapun jangan ditinggalkan. Saya punya blog blogspot itu 2007 saya berhenti Saya tidak nulis lagi aja nggak rusak tuh masih ada kalau dijaga sama provider nya sama-sama maksudnya dijaga oleh blogspot nya oleh blogger.com itu, menurut Pak Dedi Dwitagama.

Apa Bagaimana cara menulis artikel terbaik anda untuk mengetahui itu banyak ngobrol sama temen-temen temen-temen di sekitar Anda sedang butuh apa oh sekarang rame orang berbicara tentang pppk tulislah tentang itu orang sedang berbicara KM tulislah itu orang lain sedang membicarakan PPKN tulislah itu orang tentang sayang kebhinekaan orang Muhammad tuliskan itu jadi update aja sih kuncinya Pak Lukman itu bisa dengerin teman-teman bisa baca media-media yang bagus misalnya s kompas.com tempo.com atau kumparan.com banyaklah atau voice of America atau kantor berita Jerman atau Perancis misalnya kantor berita Perancis sekarang kan sedang trend berita-berita tentang Afghanistan itu mungkin dibutuhkan cuma apakah benar kalau kurang jelas boleh thank you, menurut pak Dedi Dwitagama

 

Bapak Ibu yang berbahagia dari seluruh Indonesia dalam naungan PBB PGRI pertama spesial buat yang sudah memberikan kesempatan saya buat berbagi untuk teman-teman yang hebat banget pertanyaannya deras dan membuat materi saya mengalir luar biasa. Semoga bermanfaat juga buat moderator sudah menjadi moderator dengan baik. Adadalah peribahasa yang sudah kita kenal sejak lama gajah mati meninggalkan gading harimau mati meninggalkan belang manusia mati meninggalkan apa nggak akan lama tidak kalau anda tidak pernah berinteraksi di dunia maya ketika anda Googling nama anda. Bahkan saya pernah Googling seorang nama yang saya kira begitu terkenal tetapi ternyata menyedihkan jadi kalau anda ingin meninggalkan gading buatlah blog dengan nama asli Anda dan tulislah banyak artikel yang bermanfaat buat anda buat orang-orang di sekitar Anda sebagai memori sebagai jejak sebagai kenangan atau warisan legacy. Apalah namanya yang bisa dikenang untuk istri anda suami Anda anak-anak Anda dan ketika orang lain mencari nama anda di Google. Mereka akan menemukan posting-posting /Selamat menikmati jadi blogger bermanfaat buat kehidupan dan nikmati juga balasan yang akan Anda terima. Semoga demi ini cepat berlalu dan kita bisa ketemu pada situasi yang menyenangkan sambil seruan menikmati interaksi yang positif. Salam sehat, salam penuh kasih buat istri suami dan anak-anak anda. Semoga kita terlindung dari ini bisa hidup dan memberi arti kehidupan sampai jumpa selamat malam assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Demikin pertemuan yang materi pelatihan menulis yang ke-21. Luar biasa dan sangat menyegarkan dan bermanfaat. Terima kasih Om Jay, Pak Dedi Dwitagama dan Bu Aam Nurhasanah.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Surround Yourself by Fluent English Speakers

  To speak good English, surround yourself by people who speak English fluently   Let us say that your current English speaking skills aren’t great. You aren’t very confident of being able to communicate confidently and effectively in English with anyone, be it a small group or a large one. However, you are very determined to improve your spoken English skills rapidly and prove to yourself that you can do it, while making a good impression on those around you. Taking up an  English speaking course  is obviously one way to speed up the process of learning, and an important one at that. Yet, there is another critical element that can determine the rate and extent of success in your endeavour. Just as the old English adage goes, “a man is known by the company he keeps”, your success in  improving your English skills  will depend largely on the “company” you keep. If you are around people who speak in English regularly, you have a much greater chance of improving your own speaking

5 Types of teachers who transform learners of all kinds

  5 Types of teachers who transform learners of all kinds https://www.flatlandkc.org/assets/uploads/2014/09/TypecastingTeachers-optimized.pdf Teachers have a one-of-a-kind opportunity to make an impact on young learners during some of their   most important developmental years  — childhood and adolescence are highly critical to the formation of an individual. So much of a person can be determined based off their early years of life. And that is exactly why the role of a teacher is paramount. In fact, multiple types of teachers   top the charts on  surveys measuring the most meaningful careers . Teachers don't just teach; they inspire their students and guide them along the greater path of growth throughout their childhood, adolescence and into young adulthood. They can be mentors and allies. Sometimes a teacher will be the only positive role model for a student. In many cases, the influence of a teacher can last a lifetime. If you're thinking about pursuing a passionate career

Think in English

  §   Do you speak with a lot of  pauses  and  hesitations? §   Do you have  difficulty   expressing your ideas  in English? §   Do you  mentally translate  from your native language to English… but the sentences come out  incorrect  or  unnatural  when you speak? If you want to eliminate these problems and become fluent in English, the secret is… Learning how to think directly in English! Many English students say: §   “It’s too difficult! §   “I don’t know enough English words!” §   “I need to think in my native language and translate.” The problem with thinking in your native language and translating is that it results in sentences that  are not correct  in English, because the grammar and sentence structure is often different in English and your native language. Also, it  takes too much time  to think and translate when you’re in a conversation – leading to pauses, hesitations, and the inability to speak fast and fluently. Many students believe that thinking