Skip to main content

Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis (Resume ke-18)

 


Siapkan untuk Melangkah tip dan trip Menyusun Buku Secara  Sistematis

Pertemuan       :  Jum’at , 19.00-20.00WIB, 20 Agustus 2021

Nara Sumber   :  Yulius Roma Patandean.S. Pd..

Moderator       :   Bu  Kanjeng        

Judul Tema      :  Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Ini adalah malam tiga hari setelah  hari Kemerdekaan, Seluruh masyarakat Indonesia bersuka cita memperingati  HUT Indonesia  yang ke-76 tahun. Anakku yang kecil memintaku mencari buku pahlawan . Aku bingung bagaimana  mencari buku yang tidak sistematis kutata dalam lemari buku, baik jenis buku dan  untuk siapa buku tersebut. Ternyata benar akan sulit jika tidak memeiliki l;angkah yang sistematis maka tidak tahu dimana letak buku dan jenisnya. Begitu pula pertemuan kali tentang bagaiman langkah menyusun buku, materi yang bagus dan menarik semoga mmeberikan bertambah ilmunya. Semoga Om Jay guru kami lekas sembuh, dan bisa menulis sambil tersenyum. Aamiin

 

Secara sistematis buku dapat  disusun sesuai langkah yang sederhana dan baik, yang di lakukan Beliau selama ini. Beliau selalu mengingatkan menyusun naskah untuk diterbitkan, selalu yakin dengan kualitas naskah buku yang telah disiapkan, bagaimanapun sederhananya naskah tulisan kita, ia akan memiliki tempat tersendiri di hati pembacanya dan dapat memberikan kesenangan. 

Sebaiknya rasa minder di jauhi, bahwa naskahnya tidak baik hilangkan dalam pikiran, Peganglah prinsip, naskah buku yang ada sangat baik untuk diterbitkan. Dengan demikian akan ada rasa percaya diri, semangat untuk mewujudkan, dan kepuasan dalam melakukan pengeditan dan penyusunan naskah buku yang sestematis. 

Mari kita  simak video cara dan langkah menyusun buku secara sistematis berikut ini 

Cara membuat judul, bab dan sub judul pada buku secara otomatis 


https://www.youtube.com/watch?v=jXPr59aWJSc

 Cara membuat daftar isi, kutipan, indeks dan daftar pustaka otomatis

 https://www.youtube.com/watch?v=eePQwyHAcjw



 Cara membuat indeks pada tulisan berbentuk buku

 https://www.youtube.com/watch?v=mS8bfNZT-rA



 Selalu berani mencoba ,melakukan yang baru dan menjadikan kebiasaan yang terbaik dengan penyusunan naskah secara sistematis, lakukan CLBK, yakni Coba Lakukan Biasakan dan Konsisten, 

Cenderung memulai sesuatu tentunya yang baru tidak mudah dan sulit. Sama halnya dalam mengumpulkan percikan naskah buku, mengumpulkan,mengedit dan menyatukannya. Percikan naskahatau lembaran naskah yang berserakan di laptop yang tercecer di mana-mana, jika berusaha untuk disusun maka akan menghasilkan karya yang luar biasa

Berusahalah  untuk memaksimalkam kemampuan yang dimiliki, pantang mundur jika naskah tidak terbit, namun jika naskah terbit memberi kebahagian yang tidak ternilai untuk sejarah hidup kita. 

Penutup, pekerjaan pasti ada tantangan, apapun aral yang melintang adalah suatu pemicu atau tantangan untuk menuju kesuksesan, kesedihan dan kegundah keresahan tak perlu di lestarikan, masalah diselesaikan dan segera di selesaikan, rintangan dilalui, kesuksesan akan kita temui. Semoga Alloh Meridhoi dan memberikan restu kepada kita semua. Aamiin. 

 

 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Surround Yourself by Fluent English Speakers

  To speak good English, surround yourself by people who speak English fluently   Let us say that your current English speaking skills aren’t great. You aren’t very confident of being able to communicate confidently and effectively in English with anyone, be it a small group or a large one. However, you are very determined to improve your spoken English skills rapidly and prove to yourself that you can do it, while making a good impression on those around you. Taking up an  English speaking course  is obviously one way to speed up the process of learning, and an important one at that. Yet, there is another critical element that can determine the rate and extent of success in your endeavour. Just as the old English adage goes, “a man is known by the company he keeps”, your success in  improving your English skills  will depend largely on the “company” you keep. If you are around people who speak in English regularly, you have a much greater chance of improving your own speaking

5 Types of teachers who transform learners of all kinds

  5 Types of teachers who transform learners of all kinds https://www.flatlandkc.org/assets/uploads/2014/09/TypecastingTeachers-optimized.pdf Teachers have a one-of-a-kind opportunity to make an impact on young learners during some of their   most important developmental years  — childhood and adolescence are highly critical to the formation of an individual. So much of a person can be determined based off their early years of life. And that is exactly why the role of a teacher is paramount. In fact, multiple types of teachers   top the charts on  surveys measuring the most meaningful careers . Teachers don't just teach; they inspire their students and guide them along the greater path of growth throughout their childhood, adolescence and into young adulthood. They can be mentors and allies. Sometimes a teacher will be the only positive role model for a student. In many cases, the influence of a teacher can last a lifetime. If you're thinking about pursuing a passionate career

Think in English

  §   Do you speak with a lot of  pauses  and  hesitations? §   Do you have  difficulty   expressing your ideas  in English? §   Do you  mentally translate  from your native language to English… but the sentences come out  incorrect  or  unnatural  when you speak? If you want to eliminate these problems and become fluent in English, the secret is… Learning how to think directly in English! Many English students say: §   “It’s too difficult! §   “I don’t know enough English words!” §   “I need to think in my native language and translate.” The problem with thinking in your native language and translating is that it results in sentences that  are not correct  in English, because the grammar and sentence structure is often different in English and your native language. Also, it  takes too much time  to think and translate when you’re in a conversation – leading to pauses, hesitations, and the inability to speak fast and fluently. Many students believe that thinking