Skip to main content

PEMASARAN BUKU DI MASA PANDEMI DENGAN MEDIA ON LINE DAN MEDIA SOSIAL (Resume ke-10)

 

PEMASARAN BUKU DI MASA PANDEMI  DENGAN

 MEDIA ON LINE DAN MEDIA SOSIAL


Pertemuan       :  Senin, 19.00-20.00WIB, 2 Agustus 2021

Nara Sumber   :  Agus Subardana.

Moderator       : Aam Nurhasanah,S,Pd.

Judul Tema      : Pemasaran Buku.

Malam ini sudah menginjak bulan Agustus suadah mulai persiapan untuk memperingati HUT ri ke 76 tahun. Mulai awal sudah aku siapkan dan kibarkan bendera merah putih di depan rumah. Sang merah putih berkibar sangat gagah , seakan tahu bulan ini adalah bulan kemerdekaaan. Anak-anakku repot dan sibuk merencanakan untuk membuat acara dan kegiatan hanya untuk anggota keluarga kami saja. Ada rencana membuat video merayakan kemerdekaan dan membaca puisi dan membaca teks proklamasi dan menyanyikan lagu perjuangan tentang kemerdekaan.

Ini adalah malam materi tentang Pemasaran Buku , semoga semangat dalam menulis resume semakin meningkat. “Tuangkan ide-ide menariknya. Menulislah untuk siap memasarkan buku karya sendiri. Bulan Agustus adalah di saat kita mengingat hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia ,  usahakan malam ini kita menulis resume se-merdeka nya  sesuai semangat 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan. Pemberian materi tentang Pemasaran Buku sudah di buka oleh  ibu moderator Ibu Aam Nurhasanah dalam pertemuan materi ke 10 dengan Narasumber pak Agus Subardana.

Agus Subardana, S.E., M.M.

            - Bekerja di Penerbit ANDI Yogayakarta selama 17 th.

            - Dari sejak awal th 1999 s.d sekarang menggeluti di Bidang Pemasaran

            - Lulus S1 dan S2 mengambil Jurusan Manajemen Pemasaran

            - Sering menjadi Moderator berbagai event webinar

Dampak Penjualan Buku selama COVID 19. Jaringan Toko Buku sebagian besar pada tutup selama Covid 19 di bulan Maret-Mei 2020.Pengunjung dating ke Toko Buku atau Mall masih ada rasa kekuatiran terkena Covid. Penurunan Omset Toko Buku 60%-80%. Selama Covid 19 Penerbit mengurangi distribusi buku ke Toko buku. Beberapa penerbit Gulung tikar atau bangkrut selama Covid 19 menurut  bapak Agus Subardana yang menjelaskan penjualan buku di masa pandemi Covid 19.

Pentingnya Transformasi Digital. Dampak dari pandemic Covid-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy.Era ini di tandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sector-sektor industry, terutama sector Industri perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar-mengajar, kehidupan keluarga hingga aktivitas social. Strategnya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnias buku menurut penjelasan pak Agus Subardana menjelaskan tentang pentingnya Transformasi Digital di masa pandemi.

Strategi dalam mempertahankan penjualan buku Saat covid 19. Pertama Tetap terhubung dengan Pelanggan Buku di Media Sosial. Kedua Pastikan buku yang kita jual mudah ditemukan Online seperti Web Site,Semua Marketplace, dan media sosial lainnya menurut penjelasan pak Agus Subardana tentang strategi dalam mempertahankan penjualan Buku di masa pandemic Covid 19.

Pertama kita strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju.Walaupun kita tahu bahwa saat ini toko buku itu adalah sedang banyak yang diminta untuk tutup sementara karena pemberlakuan PPKM. Tapi kita tidak meninggalkan untuk pendistribusian lewat toko Buku karena penerbit buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri. Sebagian besar sebagai pemasok toko buku di Indonesia itu bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku, maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita bedakan menjadi tiga jenis yaitu pertama toko buku modern, kedua toko buku semi modern, dan ketiga  toko buku tradisional kenapa kita perlu pemetakan jenis toko buku tersebut hal ini dikarenakan tiap jenis toko memiliki ciri khas dan strategi untuk pemasaran menurut beliau sebagai nara sumber  pak Agus Subardana. 

Strategi untuk pemasaran di toko buku modern ini rata-rata di Indonesia adalah menganut sistem konsinyasi.Apotek jual kecuali toko buku tradisional itu kita perlakukan tetap memakai sistem tunai atau setelahnya kita ada uang ada barang. Karena toko buku tradisional ini biasanya cuma pencatatan. Kita berlakukan adalah sistem strategi di toko buku modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan antara lain. Biasanya pertama adalah menawarkan buku-buku baru kita ke setiap toko buku tersebut. Setelah kita tawarkan biasanya buku tersebut kita akan diberikan sesuai dengan kapasitas jumlah eksemplar nya masing-masing toko besar, menengah, dan toko yang kecil . Strategi yang kedua di toko itu juga kita harus bisa menguasai display buku supaya tampak menarik perhatian pembeli menurut pak Agus Subardana.

Strategi yang terakhir lewat saluran darat ini adalah kita bisa biasanya itu direct langsung ke sekolah dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi . Ada yang langsung door to door mendatangi sekolah-sekolah tersebut dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK sampai perguruan tinggi . Kita bedakan menjadi cluster-cluster kategori untuk kategori buku tema untuk paud TK, SD, SMP, SMA, SMK, tentunya juga punya buku-buku yang sesuai dengan jenjang kelas masing-masing, untuk buku teks perguruan tinggi . Tentunya juga harus menyediakan buku-buku yang sesuai dengan jurusan masing-masing mata kuliah dari setiap jurusan yang ada, fakultas yang ada.Tentunya bisa memasarkan buku-buku referensi perpustakaan dari jenjang tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan perguruan tinggi menurut penjelasan dari  pak Agus Subardana dengan jelas.  Demikianlah pertemuan malam ini mendapatkan bagaimana cara memasarkan buku karya-karya para penulis.

          2 Agustus  Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jak-Tim 2.45 AM dinihari

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Surround Yourself by Fluent English Speakers

  To speak good English, surround yourself by people who speak English fluently   Let us say that your current English speaking skills aren’t great. You aren’t very confident of being able to communicate confidently and effectively in English with anyone, be it a small group or a large one. However, you are very determined to improve your spoken English skills rapidly and prove to yourself that you can do it, while making a good impression on those around you. Taking up an  English speaking course  is obviously one way to speed up the process of learning, and an important one at that. Yet, there is another critical element that can determine the rate and extent of success in your endeavour. Just as the old English adage goes, “a man is known by the company he keeps”, your success in  improving your English skills  will depend largely on the “company” you keep. If you are around people who speak in English regularly, you have a much greater chance of improving your own speaking

5 Types of teachers who transform learners of all kinds

  5 Types of teachers who transform learners of all kinds https://www.flatlandkc.org/assets/uploads/2014/09/TypecastingTeachers-optimized.pdf Teachers have a one-of-a-kind opportunity to make an impact on young learners during some of their   most important developmental years  — childhood and adolescence are highly critical to the formation of an individual. So much of a person can be determined based off their early years of life. And that is exactly why the role of a teacher is paramount. In fact, multiple types of teachers   top the charts on  surveys measuring the most meaningful careers . Teachers don't just teach; they inspire their students and guide them along the greater path of growth throughout their childhood, adolescence and into young adulthood. They can be mentors and allies. Sometimes a teacher will be the only positive role model for a student. In many cases, the influence of a teacher can last a lifetime. If you're thinking about pursuing a passionate career

Think in English

  §   Do you speak with a lot of  pauses  and  hesitations? §   Do you have  difficulty   expressing your ideas  in English? §   Do you  mentally translate  from your native language to English… but the sentences come out  incorrect  or  unnatural  when you speak? If you want to eliminate these problems and become fluent in English, the secret is… Learning how to think directly in English! Many English students say: §   “It’s too difficult! §   “I don’t know enough English words!” §   “I need to think in my native language and translate.” The problem with thinking in your native language and translating is that it results in sentences that  are not correct  in English, because the grammar and sentence structure is often different in English and your native language. Also, it  takes too much time  to think and translate when you’re in a conversation – leading to pauses, hesitations, and the inability to speak fast and fluently. Many students believe that thinking