Skip to main content

Buku Mahkota Penulis, Buku Muara Tulisan (Resume ke-8)


KUHIAS MAHKOTAKU DENGAN TULISAN BERMAKNA DAN KUTERBITKAN BUKU SOLO




Pertemuan       :  Rabu, 19.00-20.00WIB, 28 Juli  2021

Nara Sumber   :  Thamrin Dahlan,SKM,M.Si.

Moderator       :  Aam Nurhasanah

Judul Tema      :  Buku Mahkota Penulis, Buku Muara Tulisan.

Ini adalah malam materi tentang Buku Mahkota Penulis, Buku Muara Tulisan. Semoga materi menambah semangat dalam menulis resume. Menulislah untuk siap diterbitkan menjadi buku karya sendiri, buku solo. Buku menjadi kebanggaan, prestasi dan prestise seorang penulis. Judul materi malam seakan cocok dan mejadi penambah semangat untuk penulis pemula. Aku harus memiliki buku solo. Buku sebagai lambang prestise dan prestasi serta kebanggaan bagi seorang penulis. Buku adalah lambang mahkotanya para penulis. Di luar negeri kita pasti akan di tanya oleh kerabat atau kenalan kita yang di tanya hanya ,Apakah anda pernah membuat buku?  Sebagai guru pertanyaan ini selalu di tanya, sehingga family dari jepang pernah mengajak membuat buku dongeng tanpa bahasa, ceritanya dari dia dan aku yang menggambarkannya berdasarkan foto dan video yang dia pentaskan hanya dengan cat air dan di cetak di Indonesia. Buku sebesar saku atau kantong baju kita. Buku itu menjadi hadiah bagi para pejabat dan penonton yang berhasil menjawab pertanyaannya. Usahakan malam ini kita menulis resume sesuai semangat menjelang bulan Agustus sebagai bulan dan hari kemerdekaan.  Kata pembuka mengawali pertemuan kali ini dan sudah dibuka oleh ibu moderator Ibu Aam Nurhasanah dalam pertemuan materi ke -8 dengan Narasumber pak Thamrin Dahlan,SKM,M.Si. 

Harus tetap semangat tidak boleh kalut dan pusing serta menjaga kesehatan. Menjaga imun dengan menjaga bahwa menulis adalah kesenangan dan kebahagiaan yang dapat menciptakan suasana gembira. Walaupun di berita televisi tiap hari selalu terdengar berita kematian akibat terpapar virus Covid 19 tapi semangat kita jaga dan harus tetap berkobar demi umat dan masa depan. Serta sering-sering berdoa agar diberi kesehatan dan kekuatan untuk mengarungi masa pandemi ini.Aamiin. 

Ku buka hp dan laptopku agar aku mampu mendengar dan langsung membuat resume dari Narasumber malam ini. Perasaan malas mulai menghantui karena terlalu banyak tantangan menulis antologi yang kuambil dan kelas bimbingan yang kujalani, semua kewajiban harus kujalani sebagai usaha mendisiplikan dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil.  Hatiku selalu berkata  “Ayo aku bisa! Aku harus bisa untuk terus menulis,”kata hatiku memberi semangat kepada diriku sendiri. Akhirnya telah di mulai Materi pada pertemuan ke – 8 kali ini, ternyata setelah di pelajari dan di simak materi kali ini  menarik sekali yaitu tentang  BUKU MAHKOTA PENULIS BUKU MUARA TULISAN. Dengan Narasumber Thamrin Dahlan, SKM, M.Si. dan  moderator Mr. Bams . 

“Melihat profil Narasumber kali ini sungguh luar biasa karena beliau di usia senja masih tetap bisa berkarya, beliau lahir di Tempino Jambi, 07 Juli 1952, profesi beliau adalah Kombes Pol ( Purn ) Polri, Dosen Akper polri, dosen D3 Akper Palembang, dosen S1 FKM UI, dosen S2Pasca Sarjan UI, pegiat Literasi dan penerbit buku. Sungguh sebuah prestasi yang sangat dibanggakan,”kataku dalam hati.

Dengan melihat profil beliau hati ini sangat terpikat untuk lebih semangat menulis dan menjadi lebih baik dan maju dari sekarang tanpa memikirkan faktor usia dll. Judul Materi beliau luar biasa dan mengagumkan yaitu BUKU MAHKOTA PENULIS BUKU MUARA TULISAN.  Sungguh judul yang membawa inspirasi dan menambah motivasi untuk terus menulis dan menerbitkan menjadikan buku. Aku ingin mendapatkan mahkota sebagai penulis.  Bagiku memliki buku solo adalah impian, ambisi dan obsesi. kita semua berharap untuk jadi penulis yang handal, berkualitas dan best Seller.Aamiin. 

”Sungguh sangat sayang apabila kita punya modal berupa tulisan yang sekian banyak, tidak dikumpulkan dan tidak dijadikan buku. Kenapa? karena sesungguhnya muara dari penulis itu adalah buku, dan buku bersifat abadi serta menjadi alibi tak tebantahkan atas kehadiran seorang anak manusia di muka bumi ini,” kata pak Thamrin Dahlan,SKM,M.Si. kepada para peserta Pelatihan Menulis KSGN Ngeblok PGRI. 

“Dua pekerjaan peradaban di muka bumi yaitu,  pertama Penulis atau Jurnalis, kedua Pengajar atau guru,”katanya pak Thamrin Dahlan,SKM,M.Si. kepada para peserta Pelatihan Menulis KSGN Ngeblok PGRI malam ini. 

“Pertama, Guru sebagai arsitek peradaban. Guru adalah arsitek peradaban, karena guru yang mendidik dan mengajar dengan hati serta memberikan contoh yang baik bagi anak didik. Kedua Guru hebat,”kata pak Thamrin Dahlan,SKM,M.Si. menjelaskan kepada kami.

“Kriteria pertama,Guru sebagai arsitek peradaban, karena guru mampu mengubah paradigmanya berfikir lebih kritis, terbuka dan terus berkembang untuk menjadi guru yang hebat.  Kriteria Kedua,Di masa kini guru yang “ apa adanya” tidak lagi bisa membanggakan diri karena guru hebatlah yang bisa diandalkan untuk memenuhi tuntutan jaman,”kata pak Thamrin Dahlan,SKM,M.Si. menjelaskan. 

“Menurut imam syafei, jika seseorang ingin melihat dunia maka membacalah tapi jika ingin dikenal maka menulislah,”kata pak Thamrin Dahlan,SKM,M.Si. mengutip perkataan Imam besar Syafei. 

“Wasiat nama yang berbunyi harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia wafat meninggalkan nama” sekarang masalahnya nama manusia itu tercantum di mana ? Apakah hanya di buku nikah?  Di buku tabungan?  Di buku yaksin?   Atau di batu nisan?  Kenapa tidak, nama kita tercantum di cover depan sebuah atau beberapa buku. Karena sesungguhnya buku berISBN adalah tanda keabadian bukti seorang manusia pernah hadir di muka bumi ini, buku akkan tersimpan aman dan rapi di perpustakaan nasional. Maka menulislah dan buatlah sebuah atau beberapa buah buku,”kata pak Thamrin Dahlan,SKM,M.Si. memberikan saran dan nasehat gunanya menulis dan di terbitkan menjadi buku. 

“Nah dalam membuat sebuah buku ada istilah literasi yaitu istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam,Pertama  Membaca, kedua  Menulis, ketiga       Berbicara,keempat  Menghitung, kelima Memecahkan masalah. Pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari – hari,”katanya memberikan penjelasan dengan seksama dan ringkas serta padat. 

Pak Thamrin Dahlan,SKM,M.Si. memberikan penjelasan sangat menarik dan penuh makna serta inspiratif bagi para peserta Pelatihan menulis KSGN Ngeblog, PGRI.

“Tulisan itu ibarat air mengalir . Setiap tetes menetes bergabung menjadi satu, mengalir jauh mencari tempat terendah ahirnya bermuara di lautan. Itulah “buku”. Sejatinya buku adalah kumpulan tulisan yang berserakan. Sebaliknya karya gemilang, mengolah pikiran perlu diselamatkan menjadi kitab. Berupa buku karena  BUKU ADALAH MUARA TULISAN,”kata pak Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. 

“Yakinlah semua orang bisa menulis, ketika kita bisa berbicara maka otomatis kita bisa menulis. Menulis sesungguhnya pekerjaan memindahkan apa yang diucapkan kedalam peralatan tulis menulis, menulis adalah semudah kita bicara,”kata pak Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. 

“Berdasakan Kategori artikel atau tulisan yaitu,Pertama Artikel deskriptif, kedua Hanya sebatas menggambarkan atau melaporkan atau  to describe dengan azas 5W 1H atau tidak memecahkan masalah dalam bentuk Reportase atau liputan atau laporan, kedua Artikel Eksplanatif yang menjelaskan, menerangkan dan mengupas pemasalahan secara mendalam atau secara ilmiah atau objektif dan bertanggung jawab . Contoh artikel Eksplanatif seperti, kriteria pertama Karya ilmiah dapat berupa Skripsi atau Tesis atau Disertasi atau Jurnal, kedua kriteria  Opini berisi tentang  ipoleksosbuhankam, ketiga berupa Fiksi, yaitu tentang Kebebasan menuangkan inspirasi dunia maya sebagai bagian tak terpisahkan dari seni misalnya Puisi, novel, cerbung, cerpen, pantun dll,”kata pak Thamrin Dahlan, SKM, M.Si. 

“Bagaimana metode menulis  praktis? Metode menulis praktis yaitu pertama upayakan tidak meninggalkan tulisan, kedua hiraukan kesalahan ketik, ketiga ketika blank. Tinggalkan paragraf. Masuk ke paragraf baru, keempat baca berulang – ulang pada proses editing, kelima Sebagai pemula cukup memilih 7 paragraf saja, keenam bersegera posting tulisan di media sosial,”kata pak Thamrin Dahlan, SKM, M.Si.

“Sebagai penulis pemula usahakan menulis pendek – pendek, yaitu pertama  maksimal 9 kata dalam kalimat,kedua bahasa bicara atau seperti bertutur kata, ketiga  mudah dimengerti atau dipahami, keempat runtut tidak menjelimet,”ucapnya menjelaskan trik dan tip sebagai penulis pemula jelas pak  Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. 

“Lantas apa saja yang di tulis ? Pertama tulislah apa yang disuka, kedua tulislah apa yang dipahami, ketiga tulislah tentang hobby, keempat  tulislah tentang pekerjaan, kelima tulislah tentang lingkungan, keluarga dan teman, keenam tulis apa saja,”kata pak Thamrin Dahlan, SKM, M.Si. 

“Bagaimana mencari insprasi menulis? Pertama  banyak membaca, kedua mengikuti webinar, ketiga      banyak bejalan, keempat menelaah berita actual, kelima menelisik brita viral, keenam silaturrahim, ketujuh  menyaksikan fenomena alam, kedelapan  berkomunikasi, kesembilan bahan ajar, kesepuluh   suasana kelas, kesebelas dll, kata pak Thamrin Dahlan, SKM, M.Si. menjelaskan menggali ide atau inspirasi bagi seorang penulis pemula atau handal. 

“Kapan menulis? Pertama luangkan waktu khusus, kedua waktu senggang,ketiga ketika menuggu, keempat  bada subuh, kelima  sebelum tidur, keenam  one day one posting,”kata pak Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. memberikan ilmunya tentang waktu menulis. 

“Dimanakah meletakan tulisan? Pertama facebook, kedua di hp, ketiga laptop, keempat personal computer, kelima dll,”jelas pak Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. 

“Kemana tulisan dishare? Pertama website sekolah, kedua website Kompasiana, ketiga website terbitkan buku gratis.id., keempat facebook, kelima dll,”kata pak Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. tentang gunanya menshare tulisan kita.

“Keajaiban tiga rahasia dunia jurnalistik, Pertama  ternyata setiap tulisan memiliki ruh, ruh dalam artian tulisan hidup dengan syarat karya ketik disyiarkan ke media sosial, kedua biarlah tulisanmu itu membela dirinya sendiri( biarkan bukumu itu mengikuti takdirnya ) “ Buya hamka”, ketiga surprise tak terduga,” kata pak Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. mengakhiri pertemuan malam ini. Luar biasa banyak sekali ilmu dan wawasan yang kuterima dari Narasumber pak Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. 

“Resume pertemuan ke – 8 akhir kutulis semua karena banyak ilmu yang didapat dari materi kali ini. Materi malam ini adalah kunci sukses menjadi penulis pemula. Menulislah dan biarkan bukumu mengikuti takdirnya. Kalimat itu yang bisa menggetarkan hati dan membuat semangat dalam menulis dan menerbitkan menjadi buku,”kataku dalam hati mengikuti anjuran pak Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. 

“Tulislah apa yang kita suka dan apa yang kita mau. Dan apa saja yang ada dalam hatimu tuangkan kedalam bentuk tulisan. Yakinlah suatu saat tulisanmu akan jadi sebuah buku dan bermanfaat bagi umat,”ucap pak Thamrin Dahlan, SKM,M.Si. dengan tegas dan semangat. 

Terimakasih Narasumber yang handal dan inspiratif, pak Thamrin Dahlan,SKM,M.Si.. Engkau telah memberikan ilmu dan wawasan berharga dan bermakna bagi kami penulis pemula peserta Pelatihan menulis KSGN Guru Ngeblog. PGRI. Bagi kami semoga Allah senantiasa membalas kebaikanmu, terimakasih Om Jay dan segenap pengurus belajar menulis yang telah memberi wadah serta fasilitas untuk kami bisa belajar menulis. Semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan, kesehatan, keberkahan dan di berikan RidhoNYA bagi kita semua.  Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Surround Yourself by Fluent English Speakers

  To speak good English, surround yourself by people who speak English fluently   Let us say that your current English speaking skills aren’t great. You aren’t very confident of being able to communicate confidently and effectively in English with anyone, be it a small group or a large one. However, you are very determined to improve your spoken English skills rapidly and prove to yourself that you can do it, while making a good impression on those around you. Taking up an  English speaking course  is obviously one way to speed up the process of learning, and an important one at that. Yet, there is another critical element that can determine the rate and extent of success in your endeavour. Just as the old English adage goes, “a man is known by the company he keeps”, your success in  improving your English skills  will depend largely on the “company” you keep. If you are around people who speak in English regularly, you have a much greater chance of improving your own speaking

5 Types of teachers who transform learners of all kinds

  5 Types of teachers who transform learners of all kinds https://www.flatlandkc.org/assets/uploads/2014/09/TypecastingTeachers-optimized.pdf Teachers have a one-of-a-kind opportunity to make an impact on young learners during some of their   most important developmental years  — childhood and adolescence are highly critical to the formation of an individual. So much of a person can be determined based off their early years of life. And that is exactly why the role of a teacher is paramount. In fact, multiple types of teachers   top the charts on  surveys measuring the most meaningful careers . Teachers don't just teach; they inspire their students and guide them along the greater path of growth throughout their childhood, adolescence and into young adulthood. They can be mentors and allies. Sometimes a teacher will be the only positive role model for a student. In many cases, the influence of a teacher can last a lifetime. If you're thinking about pursuing a passionate career

Think in English

  §   Do you speak with a lot of  pauses  and  hesitations? §   Do you have  difficulty   expressing your ideas  in English? §   Do you  mentally translate  from your native language to English… but the sentences come out  incorrect  or  unnatural  when you speak? If you want to eliminate these problems and become fluent in English, the secret is… Learning how to think directly in English! Many English students say: §   “It’s too difficult! §   “I don’t know enough English words!” §   “I need to think in my native language and translate.” The problem with thinking in your native language and translating is that it results in sentences that  are not correct  in English, because the grammar and sentence structure is often different in English and your native language. Also, it  takes too much time  to think and translate when you’re in a conversation – leading to pauses, hesitations, and the inability to speak fast and fluently. Many students believe that thinking